PASAR dan PEMASARAN   Leave a comment

PASAR

Penertian pasar secara umum/ tradisional tempat pertemuan pembeli dan penjual. pengertian pasar menurut konsep pemasaran berbeda dengan pengertian pasar tradisional,karena pasar menurut pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran. pengertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individu (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut. secara keseluruhan, perilaku pasar bersifat heterogen tapi ada sebagian pasar yang berperilaku lain pula.

Atas dasar perilaku tujuan pembelinya, pasar dibedakan menjadi dua kelompok yaitu, :

1. Pasar konsumen akhir (pasar konsumen) meliputi pribadi atau rumah-tangga. Tujuannya, mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan sendiri dan untuk rumah tangganya.

2. Pasar konsumen antara, sering dikenal sebagai pasar produsen, pasar industrial, atau pasar organisasional. Tujuan pasar industrial mengkonsumsi barang adalah untuk keperluan (diproses atau dijual kepada pihak lain).

PERILAKU PASAR

Perilaku pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.

PEMASARAN

Pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenarnya lebih luas dari kegiatan penjualan, sebaliknya penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran. Tujuan pemasaran bukanlah sederhana dan sepihak tetapi sebenarnya demi kepentingan perusahaan juga. konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi merupakan pelanggan yang menguntungkan perusahaan. Tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian tujuan konsumen. pemasaran bukan monopoli kegiatan bisnis yang mendasarkan keuntungan saja. Secara umum, pengertian pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) untuk memenuhi kebutuhan pasardengan barang atau jasa. Menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur pokok kegiatan pemasaran adalah :

1. Pemasaran, adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertantu bagi organisasi maupun pribadinya. Bertujuan untuk keuntungan, survive,  pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya yang haris dipenuhi. pemasar dapat merupakan :

  1. Produsen (umumnya berorientasi terhadap keuntungan)
  2. Organisasi (belum tentu berorientasi terhadap keuntungan)
  3. Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum)

2. Barang dan Jasa, apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret (Jasa) atau kombinasinya.

3. Pasar, adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

4. Proses Pertukaran, adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Pertukaran dapat dilakukan secara barter atau transaksi penjualan dengan syarat-syarat yang disepakati secara layak oleh kedua belah pihak.

DAFTAR PUSTAKA

Budiarto, Teguh. 1993. Dasar Pemasaran. Jakarta: Gunadarma

Posted September 26, 2010 by karimahpatryani in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: