PENJUALAN VS PEMASARAN   Leave a comment

PENDAHULUAN

Menjelang akhir abad ke-21 orang mulai sering merasakan keresahan tentang masa depan, khususnya ditandai dengan semakin suramnya tentang pendapatan dan kesempatan kerja dimasa depan. Banyak negara sekrang menderita tingkat pengangguran kronis yang tinggi defisit terus menerus dan daya beli masyarakat yang semakin melemah.

Pasar dewasa ini berubah dengan kecepatan yang luar biasa selain globalisasi dan perubahan tekhnologi kita menyaksikan suatu pergeseran kekuasaan dari perusahaan manufacturing ke pergeseran raksasa. Pertumbuhan dan penerimaan merk-merk toko yang besar, bentuk eceran yang baru , meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai, berkurangnya peran pemasaran dan periklanan masal dan erosi kesetiaan pada merk yang membingungkan. Tetapi bahkan perusahaan-perusahaan yang berhasil dalam mendorong biaya mereka mungkin gagal untuk meningkatkan pendapat mereka jika mereka tidak memiliki visi pemasaran dan keahlian pemasaran.

TUJUAN

Bertujuan untuk meningkatkan tentang pemasaran.

Mahasiswa mapu membedakan antara

a. Penjualan vs Pemasaran

b. Kebutuhan vs Keinginan

PENJUALAN VS PEMASARAN

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkn penjualan yang menghasilkan laba. Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta usaha memikat konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga dapat mengetahui hasil produk yang dihasilkan.

Pemasaran adalah suatu proses sosial da manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertemukan produk yang bernilai dengan pihak lain.

KEBUTUHAN VS KEINGINAN

Dasar permintaan pemasaran dimulai dari kebutuhan dan keinginan manusia, manusia membutuhkan makanan, udara air dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Mereka memiliki prefensi yang kuat atas jenis dan merk dari barang dan jasa pokok adalah sangat penting untuk membedakan antara kebutuhan dan kinginan.

Kebutuhan manusia (Human Needs) adalah ketidak beradaan beberapa kepuasan dasar; manusia membutuhkan makanan; pakaian; tempat berlindung; keamanan; hak milik; dan harga diri. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar melainkan hakikat biologis dan kondisi manusia.

Keinginan (Wants) adalah Hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik, misalnya seseorang yang lapar mungkin menginginkan nasi, mangga, kacang, dll. Meskipun kebutuhan manusia sedikit keingina mereka banyak. Keinginan manusia dibentuk karena adanya kekuatan dan lembaga sosial, seperti sekolah, masjid, keluarga, perusahaan, dan organisasi.

KESIMPULAN

Jadi, Penjualan dan pemasaran berbeda karena pemasaran lebih luas dari kegiatan penjualan bahkan sebaliknya. Penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.

Kebutuhan dan keinginan berbeda karena kebutuhan adalah hal yang pokok dan harus dipenuhi, sedangkan keinginan adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik jadi tidak harus dipenuhi.

Pembedaan ini menangkis kesamaan yang sering dilontarkan bahwa pemasar menciptakan kebutuhan atau pemasar membut orang membeli barang yang mereka tidak inginkan. Pemasar tidak menciptakan kebutuhan tetapi kebutuhan sudah ada sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

Budiarto, Teguh.1993.Dasar Pemasaran.Jakarta: Gunadarma

Risjani, Nani dan Marsetia.2002.Manejemen Pemasaran.Banten

Posted Oktober 4, 2010 by karimahpatryani in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: